Kamis, 27 Juni 2013

Menjadi Hacker dengan Sekali Browsing ALA JMozac

hehe...
pasti judulnya cukup menarik sehingga pada buka thread ini ya? mungkin karena ada kata 'hacker' nya :p
yarp, tuh kata memang paling sakral didunia maya. Seandainya Judulnya aku ganti jadi 
Menjadi Programmer sekali Browsing atau Menjadi Sysadmin Sekali Browsing, pasti jarang yang mau ngintip thread ini. 8)


Bunga: kk, ajarin jadi hacker dong
JMozac: kamu ngerti programming?
B: gak.
J: kalo networking?
B: gak.
J: kalo begitu, belajar itu dulu
B: tapi kemarin temenku bisa ngehack fb pake software gitu
J: ya kalo gitu tanya temenmu dong,
B: dia gak mau ngasih tahu
J: kamu mau jadi hacker, apa mo ngehack fb?
B: pengen jadi hacker kk, tapi jangan yang susah-susah dong
J: *gubrak*


dari beberapa chat sama beberapa temen, banyak yang nanyain, "Bagaimana caranya menjadi hacker kk?", "Ajarin jadi hacker om", "tolong hack fb ini dong bro", "gimana caranya deface web sob?", "ajarin bobol hotspot dong bang", "minta CC nya kang". Gila aje, kok nanya kek ginian ke aku? Saya ini coder, itupun gak khatam-khatam. apalagi hacker?

J: kamu musti paham struktur programming, paham seluk beluk networking, paham cara kerja sistem operasi
B: Berarti apa yang harus aku pelajari terlebih dahulu kk? <--- Pertanyaan bagus.
J: karena OS aku anggap kamu dah ngerti, dan aku sendiri kurang paham networking, bgmn kalo kita mulai dengan programming?
biar aku bisa bantu-bantu sharing.
B: Bahasa pemrograman apa yang bagus? <--- Pertanyaan bagus lagi
J: C bagus untuk exploit, Perl powerfull kalo udah punya shell, PHP mantap buat tools underweb. 
Tapi berhubung aku ngertinya cuma PHP, bgmn klo kita mulai dengan PHP?
B: ajarin PHP ya kk.. <--- Gw demen neh
J: yarp, tapi mari kita berkenalan dulu dengan HTML, karena HTML berfungsi untuk mengatur output tampilan webnya.
B: HTML itu apa kk? <--- Udah mulai mengerti yang harus dilakukan
J: Kamu lagi buka website kan? coba klik kanan halaman website itu. Trus "View Source". 
Baris code yang ada disitu, itu adalah HTML.
B: aku udah buka kk, wah banyak banget ya. itu di generate pake software gitu ya?
J: gak, itu diketik. Karena dengan mengetik setiap baris code, 
maka kita juga akan paham maksud dari setiap baris yang kita ketik.
B: oh, jadi diketik semua ya? itu programming ya?
J: yarp yarp ^_^
B: [Bunga Has Been Sign Out] <--- jiah


Yarp, seperti itulah kenyataan yang kita dapati sekarang ini. banyak yang ingin menjadi hacker, tapi tidak ingin belajar untuk memahami apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang 'hacker'.

Mawar: Kap, trus maksud judul threadmu ini apa?
JMozac: cuma pengen sekedar mengingatkan ja buat para temen-temen yang masih bingung mencari jati diri. 
Mau jadi programmer, sysadmin, database administrator, system analyst, designer, 3D Artist, 
Hardware Technisian, atau mau jadi sekedar End User?
M: trus, kamu sendiri udah menemukan jati diri ya?
J: gak juga. yang pasti, aku udah tahu mulai dari sekarang mau fokus ke cabang ilmu apa dalam IT? 
Gak mungkin kan kalo aku pelajarin semuanya?
M: emang kapten, kamu fokus di cabang ilmu apa?
J: programming.
M: berarti udah master neh?
J: bro (<--- aneh, mawar dipanggil bro), Teknologi berkembang terlalu cepat, begitu juga dengan ilmu programming. 
Rasanya terlalu sombong kalo aku bilang udah tahu semuanya.
M: Kalo Hardware, aku paham perkembangannya, mulai dari Pentium 1 sampe Pentium 4, Dual Core sampe Core i7. 
Tapi klo programming emang berkembang bgmn?
J: Dulu jamannya ane masih belajar VB 6.0, belum juga paham, VB.Net dah keluar. Aku gak membuka diri untuk
perkembangan ini, alhasil, sekarang kebanyakan program dibuat dengan VB.Net karena masalah kompabilitas dengan 
perkembangan OS juga. Dan untuk Web Programming, sampai sekarang aku masih berusaha memahami fungsi-fungsi dari 
PHP sendiri, padahal orang lain udah pada membangun website dengan teknologi AJAX dan JQuery. Dan dari segi coding 
maupun tampilan, jelas lebih menarik, simple, dan ringan. :(
M: Emang hubungannya HTML sama Hacking apa?
K: Hacking itu seni. Bagaimana 'cara' kita untuk mendapatkan apa yang kita cari. Mulai dari memanfaatkan hal yang paling 
kecil yang jarang menjadi perhatian. Ya contohnya HTML itu. dalam melakukan hacking, terkadang kita bisa mendapatkan 
informasi kecil dari sebuah baris HTML, yang bermakna besar untuk mendapatkan informasi yang kita cari.
M: jamz, tapi temenku seorang hacker, bisa ngehack wireless. tapi kok dia gak ngerti pemrograman?
J: itu namanya Script Kiddie.
M: apa itu?
J: itu user yang menggunakan tools untuk melakukan aksi crackingnya.
M: Berarti yang bikin tools itu hacker ya?
J: belum tentu. mereka biasanya disebut Developer. 
M: oh, trus aku pernah dengar istilah level Expert. itu apa?
J: itu level dimana seseorang memahami logika bagaimana alur sebuah system bekerja, Dan bahkan setiap detil alurnya. apa saja yang terjadi disetiap alur. 
M: ah, gak ngerti kap.
J: ya udah, belajar dulu dari awal. Kita sama-sama newbie. Mari kita belajar dari awal sama-sama. Dijamin gak bakalan pernah bisa jadi Developer kalo cuman make tools yang ada terus. ;)
M: Kap, tapi thread disini susah-susah. Aku gak mudeng
J: yarp, ini masukkan. Teman-teman Xcrew udah pada nyiapin thread dasar, buat newbie-newbie kayak kita kok. Nanti kita 
tunggu aja ;)


Yarp, cerita diatas hanya fiktif belaka. Cuma mo meluruskan kembali pemahaman kita tentang siapa sebenarnya Hacker itu. Dan tidak mudah kita memberikan gelar itu untuk setiap orang yang ‘walaupun’ berhasil mendapatkan akun Facebook teman-temannya, berhasil men-deface website, menanam shell kemudian menjalankan bot-nya. Ya, hack is about doing something, not about someone. At least, mari kita bersama-sama belajar disini. ;p

Regards,
JMozac

2 komentar:

  1. pliss, ajarin aku apa yg kamu tau, aku mau belajar

    BalasHapus
  2. pliss, ajarin aku apa yg kamu tau, aku mau belajar

    BalasHapus